Koplak Budoyo (Kelompok Panglipur Keluarga)

Koplak Budoyo pada karnaval desa HUT RI tahun 2012

Kelompok Panglipur Keluargo Budoyo atau Koplak Budoyo merupakan kelompok kesenian yang berlamatkan di Dusun Krajan. Jika dilihat dari tahun berdirinya, sekitar permulaan 2012, kelompok kesenian ini tergolong muda, namun para personil yang mendukungnya merupakan jebolan dari kelompok – kelompok kesenian yang dulu ada di Jambuwer, seperti Ludruk, Cimplung maupun Jangger.

Kesenian Koplak Budaya dipimpin oleh bapak Bonadi dan beralamatkan di dusun Krajan desa Jambuwer kec. Kromengan kabupaten Malang.

Koplak Budoyo bergenre musik jaranan dengan banyak modifikasi, misalnya pada gong yang menggunakan bambu / bumbung. Pada setiap pertunjukkannya koplak budoyo biasa membawakan lagu – lagu campur sari atau tembang jawa lainnya dan kadang menggunakan alur seperti kesenian Tayub. Model pementasan Koplak Budoyo relatif sederhana, kadang cukup membawakan lagu – lagu jawa dengan iringan musik jaranan, sehingga hal itulah yang membuat kesenian Koplak sering melakukan pementasan pada banyak momen di desa Jambuwer maupun wilayah – wilayah lain di sekitarnya.

Menurut salah satu anggota, awal berdirinyanya Koplak Budoyo diawali oleh kegiatan ronda malam warga yang menggunakan musik jaranan dengan beberapa modifikasi. Dengan seringnya dilakukan kegiatan ini, lama kelamaan muncul ide untuk menyatukan warga dalam wadah kesenian yang kemudian diberi nama Koplak Budoyo.

Salah satu Kegiatan Koplak Budoyo dalam menyembut malam tahun baru 2013

Walaupun tergolong muda, kesenian Koplak Budoyo telah banyak melaksanakan dan mengikuti kegiatan – kegiatan baik di tingkat desa (karnaval, tirakatan, acara keluarga, penyambutan tamu desa, dsb) maupun acara – acara di tingkat kecamatan dan kabupaten. Baru – baru ini (Desember 2012), Koplak Budoyo diundang pada acara ulang tahun kabupaten Malang (Gumebyar Bumi Kanjuruhan) dan menyambut kunjungan wakil Menteri Pertanian di desa Senggreng.

koplak-budoyo-jan-2013
Koplak Budaya pada malam tahun baru 2013

Koplak Budoyo dalam Gumebyar Bumi Kanjuruhan 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s