Demokrasi di Jambuwer

Suasana pemilihan legislatif tahun 2009 di tps 7 dusun krajan Jambuwer

Sebelum banyak pemilihan langsung seperti saat ini, masyarakat Jambuwer telah lama mengenal demokrasi dengan pengertian yang sederhana yaitu pemilihan (pilian , jawa). Demokrasi yang dipahami sebagai kegiatan pemilihan khususnya pemilihan pemimpin telah dikenal warga jambuwer sejak sebelum merdeka tepatnya pada pemilihan kepala desa masa mbah Demoen. Meskipun tata cara pemilihan pada masa itu tentu sangat sederhana. Disamping karena jumlah penduduk yang masih sedikit, masa itu juga masih dijaman penjajahan Belanda. Mungkin pemilihan dilakukan secara langsung atau aklamasi.

Pemilihan kepala desa Jambuwer 2011

Untuk pemilihan kepala desa, menurut carik Jambuwer bapak Sariyan (2017), pemilihan kepala desa pertama dengan sistem pemilu seperti yang kita kenal sekarang ini dilakukan pada saat terpilihnya mbah Ranudihardjo. Pada saat itu, hak suara dinyatakan dengan memasukkan biting (terbuat dari bambu, biasanya digunakan untuk pengunci pembungkus daun makanan) ke dalam bumbung (tabung yang terbuat dari bambu) calon yang dipilih. Dari situlah muncul istilah bumbung kosong dan biting untuk menyatakan suara akan diberikan kepada calon siapa.

Pada masa pemilihan bapak Khusnan Hadi, pemilihan sudah dilakukan dengan cara mencoblos tanda gambar. Hanya saja bukan gambar foto calon yang ada di surat suara, tetapi gambar simbol buah – buahan atau polowijo yang dipilih oleh calon sendiri. Misalnya bapak Khusnan Hadi menggunakan simbol jagung, bapak Sareh Suseno menggunakan kelapa.

Sepengetahuan penulis, terutama pada masa reformasi, masyarakat Jambuwer selalu antusias dalam melaksanakan kehidupan berdemokrasi khususnya dalam Pemilihan Umum (pemilu) baik pada Pemilu legislatif, presiden, gubernur, bupati sampai dengan pemilihan kepala desa.

Suasana TPS 9 dusun Glagaharum pada Pemilu legislatif 2014
Rekapitulasi hasil tingkat PPS di balai desa Jambuwer (2014)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s