Bina Desa ke 28 Desa Jambuwer

Penutupan Bina Desa di Jambuwer, gelaran acara Dialog bupati Malang di halaman SMP PGRI 04 Kromengan Jambuwer

Program Bupati Menyapa Rakyat melalui kegiatan Bhakti Sosial Menata Desa (Bina Desa) kali ini diselenggarakan di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan pada hari Selasa-Rabu tanggal 16-17 Desember 2014. Program ini guna mendukung pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Malang yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Malang “Madep Manteb”.

Kegiatan Bina Desa di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan diawali dari Desa Ngadirejo di Dusun Karangtengah Peresmian Gedung Paud Permata Bunda selanjutnya ke SMK Dharma Wanita Kromengan berdialog dengan Siswa – Siswi dilanjutkan dengan pertemuan dengan Guru PGRI se Kecamatan Kromengan di SDN Karangrejo I berikutnya pertemuan dengan Posyandu Lansia di Desa Peniwen, Pengukuhan pengurus KEMBAR ( Kromengan Maju Bersama Rendra ) di Desa Jambuwer Kecamatan Kromengan malam harinya dilanjutkan dengan dialog bersama Dinas Instansi, Guru – guru se Kecamatan Kromengan serta tokoh masyarakat Desa Jambuwer bertempat di halaman SMP PGRI 04 Kromengan.

Gerakan Minum Susu di SDN Jambuwer 01

Desa Jambuwer merupakan salah satu desa yang memiliki cukup banyak potensi perikanan daya. Adapun jenis ikan yang dibudidayakan di sekitar Desa Jambuwer antara lain Lele dan Nila yang dilakukan di jaring apung wadung selorejo yang berada di wilayah Desa tersebut.

Untuk itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang dalam kegiatan Bina Desa kali ini melaksanakan sosialisasi bagi kelompok pembudidaya ikan yang ada di Desa Jambuwer serta sosialisasi gemar makan ikan bagi warga setempat.

Dalam kegiatan tersebut, selain penyampaian materi dan dialog seputar perikanan, juga diserahkan paket bantuan stimulan kepada kelompok pembudidaya ikan setempat berupa 30 unit terpal, 4 sak pakan dan 5.000 ekor benih lele, yang penyerahannya dilaksanakan secara simbolis oleh Bupati Malang H Rendra Kresna di sela-sela acara dialog di panggung utama pada Selasa malam tanggal 16 Desember 2014.

Sementara Rabu siangnya, tanggal 17 Desember dilakukan aksi nyata berupa sosialisasi budidaya ikan dan gemar makan ikan, serta penebaran benih ikan lele bagi kelompok pebudidaya ikan yang ada di Desa Jambuwer.

Gerakan Makan Ikan di dusun Rekesan Jambuwer

Terkait Sosialisasi Gemar Makan Ikan, lebih lanjut Wahyu mengungkapkan pentingnya mengkonsumsi ikan terutama bagi anak-anak, sebagai upaya untuk meningkatkan gizi masyarakat, sehingga ke depannya dapat dihasilkan generasi masyarakat Kabupaten Malang yang sehat dan cerdas. Meskipun banyak yang tahu manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, namun tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Malang masih relatif rendah, untuk itu Dinas Kelautan dan Perikanan tak bosan-bosannya melakukan sosialisasi di setiap kesempatan, termasuk di ajang Bina Desa kali ini, demikian tandas Wahyu. (udn)

Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang sebagai salah satu SKPD yang mendukung program tersebut melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya adalah Pembangunan MCK Umum dan Bedah Rumah. Pembangunan MCK Umum sebanyak 5 unit sedangkan Bedah Rumah sebanyak 2 unit yaitu Pugar Rumah Bapak Sukanto Dusun Glagaharum RT. 14/RW. 04 Desa Jambuwer dan Rumah Ibu Sumi Dusun Glagaharum RT. 14/RW. 04 Desa Jambuwer.

Pembangunan MCK Umum diserahkan secara simbolis oleh Bupati Malang kepada Kelompok Masyarakat Pengguna dan Pemamfaat Desa Jambuwer. Program ini menggunakan Prinsip-prinsip Hemat, Adil dan Berkelanjutan. Dengan beberapa program yang dilaksanakan oleh DCKTR diharapkan mampu membangunan kemandirian masyarakat dalam pengelolaan sanitasi dan air bersih. Selain itu, program pugar rumah bertujuan untuk menyediakan infrastrukstur dasar permukiman yang layak dan sehat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s