17an / agustusan, peringatan hut RI di Jambuwer

Berbagai lomba memperingati kemerdekaan di dusun Krajan (2015)

Peringatan hari besar nasional, khususnya hari kemerdekaan RI 17 agustus, selalu memberi arti lebih bagi bangsa Indonesia, tidak terkecuali warga Jambuwer. Selain menumbuhkan dan mengajarkan nasionalisme kepada generasi muda, kegiatan tersebut juga merupakan sarana yang baik bagi warga Jambuwer untuk semakin mempererat silaturahmi. Kegiatan karnaval misalnya, meskipun hanya berlangsung satu hari, namun persiapan yang dilakukan warga yang akan menjadi pesertanya biasanya dilakukan berminggu – minggu. 

Pengalaman penulis, hampir tidak ada peserta karnaval di Jambuwer yang langsung membeli atau memesan atribut karnaval di tempat lain, orang Jambuwer lebih suka membuat sendiri semua keperluan karnaval tersebut. Kegiatan yang membutuhkan waktu berhari – hari ini umumnya dilakukan di malam hari sepulang bekerja. Inilah salah satu yang dapat mempererat hubungan antar warga desa Jambuwer. Dan tidak jarang, warga yang tidak dapat membantu secara langsung kegiatan tersebut, mengirim makanan dan minuman sekedarnya.

Satu lagi tradisi pada kegiatan karnaval yang jarang ditemui di daerah lain yaitu disediakannya makanan / jajanan dan minuman disepanjang rute yang dilalui karnaval tersebut. Makanan dan minuman tersebut disediakan oleh keluarga / rumah yang punya  erep (istilah untuk jalan yang ada di depan rumah warga) maupun rumah – rumah dibelakangnya. Bukan hanya peserta karnaval yang bisa menikmati makanan minuman tersebut, tak jarang para pengunjung juga dipersilahkan untuk menikmatinya. Selain makanan yang disediakan cuma cuma di sepanjang jalan, warga jambuwer juga dikenakan tari’an atau iuran makanan beberapa bungkus untuk peserta karnaval. Makanan ini dikumpulkan di masing – masing RT, RW atau Kasun untuk dibawa ke lapangan desa dan diberikan pada saat pemberangkatan maupun kedatangan. Sudah lazim bahwa warga jambuwer lebih merasa ringan ketika memberikan bantuan berupa makanan, minuman atau tenaga yang kadang nilainya lebih mahal, dari pada iuran berupa uang.

Beberapa kegiatan / acara yang dilakukan warga jambuwer dalam memperingati hari kemerdekaan RI antara lain:

  1. Memasang bendera, umbul – umbul
  2. Pengecatan pagar, gapura, wuwungan
  3. Karnaval
  4. Tirakatan di malam tgl 17
  5. Selamatan / genduren
  6. Upacara bendera
  7. Lomba lomba
  8. Pertunjukan / pentas seni
ogoh ogoh “kansadewa gugur” pada HUT RI 68 (2014) karya warga Jambuwer
Lomba 17an di balai desa Jambuwer (2009)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s