Sumber Ambyaan

Sumber Ambya’an merupakan salah satu sumber air yang ada di desa Jambuwer. Sumber ini mampu mengairi persawahan dan keperluan air minum warga. Ambya’an terletak di dusun Glagaharum. Ambya’an hanya salah satu potensi alam yang ada di Jambuwer. Banyak warga Jambuwer yang mengimpikan suatu saat di sumber ambya’an terdapat kolam renang yang mampu mengundang orang untuk berwisata. Tentunya dengan tetap menjaga kelestarian dan fungsi utamanya sebagai sumber air minum dan pengairan sawah.

Sumber ambya’an setelah direnovasi pada tahun 2011

Sumber ini menjadi sumber air utama bagi area persawahan yang ada di sepanjang alirannya. Debit air ambyaan relatif stabil meskipun pada musim kemarau, sehingga selain mengaliri sawah sumber ini juga menjadi harapan warga ketika persediaan air minum dari sumber lain mati / tidak mengalir.

Sekurang – kurangnya ada 5 – 6 sumber yang terdapat di komplek ambya’an. Dua diantaranya dimanfaatkan untuk air minum warga dusun Krajan dan desa Peniwen. Sedangkan yang lain dibiarkan mengalir untuk mengaliri sawah dan untuk keperluan warga sekitar sehari – hari. Pemanfaatan air di dusun krajan dibangun oleh tokoh spiritual mbah Dul Karim, di kediaman beliau juga dibangun tandon air yang dimanfaatkan oleh warga sekitar serta para tamu yang ziarah pada saat bulan suro.

Di sumber ambya’an terdapat rumah kecil (cungkup) yang biasa digunakan warga pada saat acara selamatan bersih desa. Tempat ini juga dipercaya sebagai tempat danyangan, sesuatu yang dipercaya sebagai simbol atau pelindung desa di masa lalu. Ada kemungkinan besar di Ambya’an lah dulu nenek moyang orang Jambuwer pertama kali singgah dan membabat hutan. Karena salah satu alasan suatu daerah bisa ditinggali adalah adanya sumber air.

Pemasangan pompa air (dongki) di sumber air ambya’an (2015)

Sekitar tahun 2014, warga dusun glagaharum khususnya disekitar sumber ambya’an, mengambil air minum dari sumber tersebut dengan bantuan pompa air dongki.

Salah satu sumber utama di komplek sumber Ambya’an (2016)
Advertisements

5 Comments Add yours

  1. setiyo budi says:

    saudara – saudara warga jambuwer dimana saja dapat mengirimkan ke-email admin apabila melihat ada potensi Jambuwer yang perlu di publikasikan ( email : setiyobudi9/at/gmail/dot/com

    Like

  2. setiyo budi says:

    bisa – bisa, welcome…. ditunggu kontribusinya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s