SMP PGRI 04 Kromengan

Gedung smp pgri 04 sebelum pembangunan (2011)

SMP ini merupakan satu – satunya lembaga pendidikan menengah di desa jambuwer. Sekolah ini sekarang bertempat di dusun krajan RT 05 RW 02, tepatnya jalan menuju dusun Cakru’an klopokuning atau tanggulasi. Sebagai satu – satunya lembaga pendidikan menengah tentunya keberadaan SMP ini sangat bermanfaat bagi warga jambuwer khususnya.
SMP ini didirikan pada tahun 1983 yaitu pada masa jabatan bapak Ranoediardjo dengan nama SMP PGRI 5 Sumberpucung. Kepala sekolah pertama yang dipercaya memimpin lembaga ini adalah ibu Intyastatik, guru SDN jambuwer 1 warga desa Peniwen.
Pada tahun 2000 nama PGRI 5 Sumberpucung diubah menjadi SMP PGRI 4 Kromengan. Perubahan nama ini dikarenakan pemekaran wilayah kecamatan Sumberpucung menjadi dua yaitu kecamatan Sumberpucung dan Kromengan. Nama PGRI 5 menjadi penanda bahwa smp ini merupakan smp pgri ke 5 di wilayah Sumberpucung waktu itu.
Awalnya proses pembelajaran smp dilakukan di gedung SDN jambuwer 1. Karena SD masuk pagi maka kegiatan belajar SMP dilakukan di sore hari. Ini berlangsung sampai tahun 2004. Sampai akhirnya terjadi penggabungan / merger antara SDN Jambuwer 1 dan SDN Jambuwer 5 karena letaknya terlalu berdekatan dan jumlah murid yang terlalu kecil. Sehingga gedung yang dulu dipakai SDN Jambuwer 5 dapat dialih fungsikan sebagai ruang belajar bagi SMP PGRI 4 Kromengan. Keterbatasan jumlah guru masih menjadikan KBM tidak dapat sepenuhnya berlangsung di pagi hari, sehingga diterapkan model campuran yaitu 4 hari pagi (senin – kamis) dan 2 hari sore (jum’at – sabtu) sampai sekarang (2017).
Masa jabatan ibu Instyastatik berakhir pada tahun 2009 dan sebagai gantinya dipilih bapak Paimin sebagai kepala sekolah kedua. Bapak Paimin merupakan warga jambuwer dusun rekesan yang waktu itu menjadi guru di SDN Jambuwer 5.
Rehab gedung smp baru terjadi pada tahun 2012 yaitu pada masa jabatan bapak Paimin dan kepala desa bapak Tuwuhadi. Dana pembangunan berasal dari Pemerintah Pusat atau DAK. Pada renovasi ini dilakukan terhadap 3 bangunan ruang di sebelah barat yang menghadap ke timur. 3 ruang tersebut sebenarnya terdiri dari 1 ruang kelas dan 2 ruang yang dapat difungsikan sebagai ruang serbaguna (rapat, perpisahan dsb.)
Pada masa jabatan bapak Paimin setidaknya telah mendapat 4 jenis bantuan dari pemerintah yaitu :
1. Lab IPA (2008)
2. Bantuan Buku Referensi (2009)
3. Bantuan sarana pembelajaran berbasis TIK (2011)
4. Bantuan Rehap Gedung 3 ruang (2012)

gedung smp pgri 4 kromengan setalah pembangunan (2012)

Masa jabatan bapak Paimin berakhir pada 31 Desember 2012, kemudian digantikan bapak Setiyo Budi sampai dengan 31 Desember 2015. Selanjutnya kepala sekolah SMP PGRI 04 Kromengan dijabat oleh bapak Mas Bambang Rahradjo, guru bahasa Inggris dari desa Karangrejo.

Dialog dengan bupati Malang Rendra Kresna saat Bina Desa Jambuwer (2014)

Pada tahun 2014, yaitu pada saat dialog dengan bupati Malang Rendra Kresna di halaman sekolah dalam rangka Bina Desa Jambuwer, diusulkan kembali rehabilitasi terhadap gedung sekolah sebelah utara yang terdiri dari 4 ruang kelas. Usulan tersebut diwujudkan dengan bantuan rehab 2 ruang pembelajaran yang selesai pembangunannya pada tahun 2016.

Kegiatan olahraga (2008)
Kegiatan olahraga (2008)
Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s