SD Negeri Jambuwer 01

SDN Jambuwer 01 tampak depan (2016)

SDN Jambuwer 01 terletak di dusun krajan rt 01 rw 01 desa jambuwer. Didirikan Tahun 1933 di atas tanah seluas 1.240 meter persegi. Dengan Nomor Statistik Bangunan (NSB) : 01211820208002, Nomor Statistik Sekolah (NSS) : 012111830512601, dan Nomor Identitas Sekolah (NIS) : 984, dengan status Negeri.

Kondisi Gedung SDN Jambuwer 01 pada masa kepala sekolah bapak Paimin, S.Pd (2013)

Sesuai dengan namanya, SDN Jambuwer 01 merupakan lembaga pendidikan formal tertua di desa Jambuwer. Menurut warga sekitar SD, lembaga pendidikan ini sudah ada sejak jaman setelah kemerdekaan kira – kira tahun 1933. Bahkan ada yang mengatakan sekolah ini mungkin sudah ada sejak jaman penjajahan belanda, sebelum Indonesia merdeka, kerena bangsa Belanda tergolong bangsa yang memperhatikan pendidikan meskipun waktu itu untuk tujuan melanggengkan masa jajahannya, dan tujuan – tujuan lain.

Mula – mula bangunan SDN Jambuwer 1 hanya terdiri dari 2 ruang kelas. Banguan awal ini terletak di sebelah barat. Baru pada masa jabatan bapak Ranoediardjo ruang kelas ditambah 2 ruang kelas di sebalah timur bangunan lama tersebut. Penambahan ruang kelas ini dilaksanakan sekitar tahun 60an. Dimasa ini pula kemudian dilakukan pemugaran terhadap lima bangunan tersebut, sehingga bentuk bangunannya menjadi seragam.

Jumlah ruangan yang tidak mencukupi tidak menjadi kendala bagi para siswa waktu itu untuk belajar. Siswa yang sudah kelas 6 kadang harus belajar di rumah – rumah penduduk di sekitar sekolah. Menurut para alumnus, hal ini menambah keasyikan dan pengalaman tersendiri dalam belajar.

Penambahan dua ruang terakhir di sebelah barat, menghadap ke timur, dilakukan sekitar tahun 1981 melalui program yang olah masyarakat dikenal dengan nama ‘inpres’. Program yang juga membangun SDN Jambuwer 5 yang mulai tahun 2004 difungsikan sebagai gedung SMP PGRI 4 Kromengan. Program ini adalah program bantuan bangunan dari pemerintah yang dikuatkan dengan instruksi presiden sehingga populer di masyarakat dengan nama inpres.

Setelah pembangunan dua gedung tersebut, bangunan sd tidak banyak mengalami perubahan. Sampai menjelang masa jabatan jabatan bapak Sareh Suseno berakhir turun bantuan pembangunan untuk memugar 2 ruang kelas sebalah barat. Pada waktu itu yang menjadi kepala sekolah adalah ibu Intyastatik. Pembangunan selasai pada tahun 2009.
Berapa waktu kemudian, tahun 2012, ketika bapak Paimin menjabat kepala sekolah dan awal jabatan bapak Tuwuhadi sebagai kepala desa Jambuwer, turun lagi bantuan dari Pemerintah Daerah untuk pemugaran 5 ruang kelas sebelah selatan.

Pada masa lalu (jaman penjajahan Belanda) di lokasi SD banyak menyimpan cerita – cerita heroik sekitar kemerdekaan dan perjuangan para pejuang dalam merebut maupun mempertahankan kemerdekaan. Menurut warga sekitar pula, dulu pernah terjadi penembakan di lokasi SD tersebut yang dilakukan Belanda terhadap mata – mata pejuang kita yang bernama bapak Agus. Bapak Agus ditembak digedung sebelah barat, yang merupakan dua ruang kelas pertama SDN jambuwer 01. Meskipun cerita ini belum bisa dibuktikan secara empiris, namun kenangan tersebut cukup membuat masyarakat bangga terhadap SDN jambuwer 01.

Mungkin karena hal itu, banyak juga cerita – cerita mistis yang ada di sd jambuwer 1. Misalnya dulu ketika ada kecelakaan yang menimpa salah satu siswa maka itu diartikan bahwa para pejuang yang gugur di sd itu perlu di-petri. Biasanya siswa – siswa pada waktu tertentu, misalnya 17an atau kenaikan kelas, membawa makanan dalam encek kemudian saling ditukar dengan sesama teman. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan sisanya dibawa pulang. Masyarakat desa menyebut ini encek – encekan. Encek merupakan tempat menaruh makanan untuk selamatan berbentuk kotak yang terbuat dari pelepah pisang, tempat tersebut digunakan untuk menampung 4 takir yang terbuat dari daun pisang.

Perpustakaan sekolah yang dibangun pada masa kepala sekolah bapak Chudori (2015)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s