Tanggulasi

Tanggulasi merupakan sebutan atau nama jalan / tempat di sebelah barat SMP PGRI 04 Kromengan di jambuwer. Jalan ini menghubungkan dusun krajan dengan cakru’an terus ke kabupaten Blitar, melewati pemakaman desa / kramatan. Karena kondisi jalan yang relatif sulit ,tanjakan ekstrem dan menikung, sering terjadi kecelakaan di daerah ini, terutama di jalan sebelum jembatan kali lunyu.

Jembatan Kali Lunyu (2017), dibangun tahun 2010
Jalan curam tanggulasi, dengan cermin besar untuk mengurangi resiko kecelakaan (2017)

Satu unit cermin cembung telah terpasang pada salah satu titik mati di jalan berliku dari Krajan menuju Cakru’an. Penambahan infrastruktur desa tersebut diharapkan dapat menekan potensi terjadinya kecelakaan.

Pemasangan cermin cembung dilakukan sebagai salah satu program Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN – PPM) Universitas Gadjah Mada 2016. Cermin dengan diameter satu meter tersebut dipasang pada turunan menukik yang berada di dekat SMP PGRI 04 Kromengan. Prima Siwi Nursetyasti (20) selaku koordinator mahasiswa klaster sains dan teknologi mengatakan bahwa penentuan titik pasang dilakukan dengan koordinasi bersama perangkat desa dan dusun setempat.

Dikatakan Prima pada Senin (25/07/16), lokasi pemasangan cermin cembung merupakan salah satu titik paling berbahaya di sepanjang jalan Krajan – Cakru’an. Diakuinya, selain menanjak – menurun dan menukik, jalan tanggulasi merupakan salah satu akses jalan utama dalam desa menuju dusun Cakruan dan Rekesan serta kabupaten Blitar. Tak jarang, pengemudi dari Kec. Selorejo, Kab. Blitar juga memanfaatkan akses jalan tersebut. Truk dan kendaraan-kendaraan berat kerap melintas pada jalan tanggulasi, tambah Prima.

Advertisements

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s