Budidaya Ikan Nila (Mujaer)

budi-daya-ikan-nila-jambuwer
Salah satu keramba milik warga jambuwer – rekesan

Penduduk Desa Jambuwer sebagaian besar mempunyai pekerjaan dalam bidang Pertanian, Perkebunan dan Perikanan. Desa Jambuwer mempunyai 5 Dusun yang mana 1 dusun tersebut berapa di dekat wilayah Waduk Lahor Selorejo, kabupaten Blitar. Warga masyarakat di Dusun Rekesan Desa Jambuwer sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai Pembudidaya Ikan Nila (Mujaer) ataupun ikan air tawar lainnya seperti Lele yang juga ikut berkembang.

Pengembangan Budidaya Ikan tersebut membuat warga Dusun Rekesan sejahtera. Dari Hasil Permbudidayaan ikan tersebut menjadi sumber mata pencaharian warga Dusun Rekesan Desa Jambuwer dan ada juga warga yang mencari pekerjaan lainnya sebagai sumber pemasukan rumah tangga mereka.

Hasil dari Budidaya Ikan Nila (Mujaer) dijual ke wilayah Malang dan Blitar. Sebagaian dari mereka yang menjual hasil perikanan tersebut di Taman Wisata Lahor Selorejo – Blitar yang menjadi destinasi wisata karena berbatasan antar Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Dari penjual tersebut Dusun Rekesan menjadi pusat budidaya ikan Nila (Mujaer) di wilayah Desa Jambuwer dan sekitarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s