Layat

suasana layat salah satu warga dusun krajan (2017)
suasana layatan pada kematian salah satu warga desa

Layat, ikut berduka cita atau ta’ziah merupakan kegiatan yang lazim bagi warga jambuwer, bahkan sering menjadi prioritas. Apabila tidak ada udzur yang sangat mendesak, masyarakat jambuwer lebih mengutamakan untuk melayat tetangga atau warga desa yang meninggal dari pada melakukan kegiatan atau pekerjaannya sendiri, meskipun yang meninggal berjarak jauh, tidak satu lingkungan.

Aktivitas melayat seorang warga sering dijadikan indikator apakah orang yang bersangkutan warga desa yang baik atau bukan. Meskipun tentu saja tidak ada sangsi bagi warga yang jarang melayat. Masyarakat biasanya cuma niteni, mengingat ingat. Mungkin itu semacam sanksi moral untuk menjaga kerukunan dan empati antar warga. Dan ndilalah, warga yang jarang layat ketika ada salah satu anggota keluarga yang meninggal maka biasanya juga sepi pelayat.

suasana rumah duka
Suasana rumah duka salah satu  warga

Tentu saja tidak hanya datang untuk berbela sungkawa saja yang dilakukan. Pelayat pria biasanya membawa uang beberapa ribu dan yang wanita membawa beras untuk keluarga yang ditinggal. Tetangga dekat, tangga teparo, akan membantu segala keperluan mulai dari bersih bersih rumah, memakamkan sampai tahlilan selama 7 hari.

Aktivitas layat bahkan dipercaya menjadi salah satu lelaku budaya khususnya bagi seseorang yang mencalonkan diri menjadi pemimpin atau perangkat desa. Warga jambuwer sekali lagi akan  niteni apakah orang tersebut sering layat atau tidak untuk dijadikan pertimbangan sebagai pemimpin. 

siswa sekolah dasar yang berdekatan dengan rumah duka juga diajak layat oleh sekolah yang bersangkutan

Untuk melestarikan tradisi layat ini, tidak jarang siswa sekolah baik tingkat dasar maupun menengah juga diajak untuk layat. Hal ini dilakukan terutama apabila rumah duka berdekatan dengan lingkungan sekolah, atau yang meninggal merupakan kerabat dari siswa atau guru di sekolah tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s