Potensi Wisata Jambuwer

Pariwisata merupakan salah satu sektor prioritas pengembangan pembangunan baik pemerintah kab Malang maupun pusat (2017). Geliat pariwisata di kabupaten Malang sendiri bisa dilihat dari banyaknya pembukaan tempat wisata baru, seperti pantai pantai di sepanjang pesisir selatan, serta explorasi potensi wisata di daerah daerah bahkan sampai tingkat desa. Beberapa desa di kabupaten Malang yang berhasil mengembangkan potensi wisata antara lain desa Poncokusumo, Ngadas, Pujon kidul dan Gubuk Klakah. Kabupaten Malang sendiri mempunyai program menyiapkan  satu desa wisata setiap tahunnya ( baca : jawapos ). Tetangga desa Jambuwer, desa Peniwen, juga telah mencanangkan sebagai desa wisata yang salah satu potensinya adalah monumen Peniwen Affair serta outbound bagi pelajar dari kota.

Desa Jambuwer dengan beberapa potensi alam,  budaya, hasil pertanian, perikanan dan kerajinan merupakan modal yang cukup untuk menjadi desa wisata atau desa budaya. Potensi desa yang mungkin dapat menjadi potensi wisata desa Jambuwer antara lain:

  1. Sumber air ambyakan
  2. Bendungan lahor
  3. Perkebunan kopi
  4. Beragam kesenian tradisional
  5. Kerajinan topeng Malangan
  6. Produk makanan / minuman olahan khas Jambuwer
  7. Route trail / outbound
  8. Wisata religi

Sumber Ambyakan

sumber utama ambya'an jambuwer
Sumber utama Ambya’an (2016)

Sumber air ambyakan terletak di dusun glagaharum. Sumber air ini telah dimanfaatkan untuk pengairan sawah dan air minum melalui beberapa hipam desa. Jika di sumber air ini dibuat kolam renang alam untuk pemandian mungkin bisa menambah fungsi dan keberlangsungan sumber air. Pembuatan kolam alam tersebut tentunya tidak boleh mengganggu pemanfaatan sumber air yang telah lama dirasakan warga, yaitu sebagai sungai, pengairan sawah dan air minum.

Bendungan Lahor

budi-daya-ikan-nila-jambuwer
Bendungan lahor, budidaya ikan nila
penyebrangan_lahor-2016
Penyebarangan bendungan Lahor Rekesan (2016)

Kesenian tradisional / Budaya

Banyaknya seni tradisional yang hidup dan berkembang di Jambuwer ditandai dengan semaraknya kegiatan karnaval kemerdekaan tiap tahunnya, acara bersih desa, peringatan 1 suro dan masih banyak kegiatan desa yang menampilkan potensi kesenian daerah desa Jambuwer. Kumpulan seni tradisional di Jambuwer dapat dilihat di budaya. Salah satu potensi budaya yang tergolong langka dan juga merupakan ciri khas kabupaten Malang adalah Topeng Malangan. Di Jambuwer terdapat sanggar tari topeng Galuh Candra Kirana yang merupakan sedikit dari sanggar tari topeng yang terus berupa melestarikan kesenian tersebut.

Jika potensi budaya yang ada di Jambuwer ini terus dikembangkan, diwadahi dan dipromosikan secara baik, bukan tidak mungkin desa Jambuwer akan menjadi salah satu tujuan wisata budaya di Kabupaten Malang. Salah satu bentuknya dapat melalui penyebaran informasi yang massif melalui media social pada saat akan diadakan momen kebudayaan misalnya karnaval atau bersih desa maupun peringatan 1 suro. Atau pagelaran seni yang dilakukan secara rutin terpisah dari momen budaya tersebut.

Kemeriahan karnaval HUT RI 71 (2016)
Advertisements

6 Comments Add yours

  1. Evi says:

    Trend masyarakat kita yg hendak berwisata meningkat terus dari tahun ke tahun. Sykurlah berbagai kepentingan tanggap, jadi membuka tempat-tempat wisata baru. Semoga ekonomi indonesia semakin membaik lewat industri pariwisata

    Liked by 1 person

    1. setiyobudi says:

      Betul mbak. Minimal dengan adanya tempat wisata di desa bisa menambah kenyamanan warga yang tinggal di situ. Suwun masukannya..

      Like

  2. haryoto says:

    Saya setuju mas kalau ambyakan di jadikan tempat wisata kolam renang pasti tidak mempengaruhi pengairan sawah kan airnya kembali ke sungai lagi tingal cari infestornya yg mau ngelola mas AKU DUKUNG.

    Liked by 1 person

    1. setiyobudi says:

      Iya pak, saya juga masih sebatas idea, moga ada yang menindaklanjuti…

      Like

  3. Slametjatim says:

    Mantap lah jambuwer ku

    Liked by 2 people

    1. setiyobudi says:

      terimakasih sudah berkunjung mas… semoga bisa menjadi obat kangen di perantauan… 😉

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s