Bersih Dusun Glagaharum 2023

Desa Wisata Jambuwer. Pada pelaksanaan bersih dusun Glagaharum tahun ini, warga bersama pemerintah dusun kembali mengelar kirap budaya dan upacara seperti yang telah dilakukan pada tahun 2019 silam. Kegiatan bersih dusun dilaksanakan pada hari Sabtu Kliwon 3 Juni 2023 sampai dengan malam Minggu Legi.

Upacara Pemberangkatan Kirap Budaya di Balai Dusun Glagaharum / Lapangan Desa Wisata Jambuwer (3/6/2023)

Prosesi bersih dusun diawali dengan upacara pemberangkatan Kirab Budaya yang dilaksanakan di balai dusun Glagaharum. Kirap Budaya diikuti oleh kurang lebih 600 peserta yang terdiri dari murid TK Dharma Wanita 02, SDN 02 Jambuwer, warga masyarakat serta pamong desa di wilayah Glagaharum serta kesenian Jaranan Turangga Seta. Upacara pemberangkatan dan pembukaan bersih dusun dimulai pukul 07:00.

Petugas pada upacara pemberangkatan Kirab Bersih Dusun Glagaharum 2023 adalah sebagai berikut : MC : Desi (Guru SDN 02 Jambuwer), Pembina Upacara : Endro Harioto (Sekdes), Pembaca Sejarah : Rudi Widoyo (Kaur Pembangunan), Dirigen : Niken (Guru TK Dharma Wanita 02), doa Sumarna Asrori (Kaur Kesra) dan Pemimpin Upacara : Solikin (Tokoh Masyarakat).

Peserta kirap tiba di Sumber Air Ambyaan sekitar pukul 09:00. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Kenduri dan makan bersama. Kesenian jaranan Turangga Seta juga turut serta menghibur warga dan peserta kirap.

Penampilan Jaranan Turangga Seta di Sumber Air Ambyaan.

Prosesi puncak Bersih Dusun Glagaharum dilaksanakan mulai pukul 16:30 atau setalah sholat Magrib. Kegiatan ini dilaksanakan di balai dusun Glagaharum, dihadiri oleh seluruh warga dusun, tamu undangan, donator serta Pemerintah Desa Jambuwer. Prosesi puncak bersih dusun diawali dengan iringan sholawat Assalam, kenduri, tahlil, makan bersama dan ditutup dengan hikmah bersih dusun.

Atraksi Turangga Seta liputan channel Peny Vindika
Jolen berisi Buceng Nasi Kuning lengkap dengan lauk pauk dan hasil bumi
Jolen, salah satu ciri khas Bersih Dusun Glagaharum

Leave a comment